Monday, April 16, 2012

Honda Meluncurkan All-New Asimo dengan Kemajuan Signifikan

Kabar ini memang sudah agak lama, tapi kecanggihannya memang tidak dapat kita pungkiri untuk abad ini.
TOKYO, Jepang, 8 November 2011 - Honda Motor Co, Ltd hari ini meluncurkan all-new ASIMO robot humanoid yang baru dilengkapi dengan * teknologi pertama di dunia kontrol perilaku otonom. Dengan kemajuan lebih lanjut dalam otonomi,  all-new Asimo sekarang dapat terus bergerak tanpa dikontrol oleh operator. Selain itu, dengan kecerdasan secara signifikan dan kemampuan fisik untuk beradaptasi dengan situasi, Asimo mengambil langkah lebih dekat untuk penggunaan praktis di kantor atau ruang publik di mana banyak orang datang dan pergi.
Wah bakalan semakin canggih bapak ini bikin robot ya.... coba kita tengok lebih lanjut ... cekidot!!!

All-new Asimo
Sejak berdiri, Honda terus menghadapi tantangan baru dalam upaya untuk menciptakan produk baru dan teknologi maju dengan semangat memanfaatkan teknologi untuk membantu orang. Di bidang robot humanoid penelitian, Honda telah mengembangkan dan memajukan ASIMO robot humanoid untuk mewujudkan mimpi untuk menjadi berguna untuk manusia dan untuk membantu memperkaya kehidupan sehari-hari.

Berdasarkan konsep Honda Robotika, Honda juga memperkenalkan model eksperimental lengan tugas melakukan robot yang dikembangkan sambil menerapkan multi-pengendalian bersama orbit simultan dan teknologi kontrol postur mengumpulkan melalui penelitian dan pengembangan Asimo. Lengan robot ini dapat dikendalikan dari jauh untuk melakukan tugas di tempat-tempat yang tidak stabil yang sulit bagi orang untuk mengakses.

All-new Asimo kini maju dari "mesin otomatis" untuk sebuah "mesin otonom" dengan kemampuan pengambilan keputusan untuk menentukan perilakunya dengan lingkungannya seperti gerakan orang. Pada awal proses pembangunan, berikut tiga faktor yang diidentifikasi sebagai yang diperlukan untuk sebuah robot untuk melakukan sebagai mesin otonom, dan teknologi yang dibutuhkan untuk mewujudkan kemampuan ini dikembangkan: 1) tingkat tinggi kemampuan keseimbangan postural yang memungkinkan robot untuk mempertahankan postur dengan memadamkan kakinya dalam sekejap, 2) kemampuan pengakuan eksternal yang memungkinkan robot untuk mengintegrasikan informasi, seperti gerakan orang di sekitarnya, dari beberapa sensor dan memperkirakan perubahan yang sedang berlangsung, dan 3) kemampuan untuk menghasilkan perilaku otonom yang memungkinkan robot untuk membuat prediksi dari informasi yang dikumpulkan dan mandiri menentukan perilaku berikutnya tanpa dikendalikan oleh operator. Dengan kemampuan ini,  all-new Asimo mengambil langkah lebih dekat untuk penggunaan praktis dalam lingkungan di mana itu berdampingan dengan orang.

1. Kemajuan kemampuan intelijen

Honda telah mengembangkan sistem baru yang merupakan teknologi fundamental untuk intelijen canggih, yang secara komprehensif mengevaluasi masukan dari beberapa sensor yang setara dengan pendengaran, visual, dan indera taktil seorang manusia, maka memperkirakan situasi lingkungan sekitar dan menentukan sesuai perilaku robot. Dengan teknologi ini, Asimo menjadi mampu merespon pergerakan orang dan situasi sekitarnya. Misalnya, Asimo akan menghentikan tindakan saat ini dan mengubah perilaku untuk mengakomodasi tujuan pihak lainnya. Selain itu, koordinasi antara sensor visual dan auditori memungkinkan ASIMO untuk secara bersamaan mengenali wajah dan suara, memungkinkan Asimo untuk mengenali suara-suara dari beberapa orang yang berbicara secara bersamaan, yang sulit bahkan bagi manusia untuk menyelesaikan.

Selanjutnya, Asimo kini mampu memprediksi arah seseorang akan berjalan dalam beberapa detik berikutnya berdasarkan informasi dari pre-set sensor ruang dan cepat menentukan untuk mengambil jalur alternatif untuk menghindari tabrakan dengan orang tersebut jika perkiraan lokasi dari orang yang dan Asimo berpotongan.

Asimo menyela presentasi kepada pelanggan untuk
menginformasikan mereka tentang kedatangan minuman

Berjalan sambil menghindari tabrakan dengan orang-orang
dengan memprediksi arah orang tersebut akan berjalan

Menyadari suara yang berbeda dari 
tiga orang yang berbicara secara bersamaan
2. Kemajuan kemampuan fisik

Kombinasi kaki diperkuat, berbagai diperluas gerakan kaki dan teknologi kontrol baru dikembangkan yang memungkinkan Asimo untuk mengubah posisi mendarat di tengah mosi telah memungkinkan Asimo untuk berjalan, lari, lari mundur, melompat dengan satu kaki atau dua kaki terus menerus. Sebagai hasil dari memperoleh kemampuan untuk membuat gerakan lincah seperti itu, Asimo telah menjadi mampu lebih fleksibel beradaptasi dengan perubahan situasi eksternal sehingga dapat, sebagai contoh, berjalan di atas permukaan yang tidak rata dengan tetap menjaga postur stabil.

Kaki gerakan selama 9km / jam berjalan
Airborne sementara melompat dengan dua kaki 

Berjalan di atas permukaan yang tidak rata 

Hopping pada satu kaki dan bergerak maju 

3. Peningkatan tugas melakukan kemampuan

Honda telah mengembangkan kompak sangat fungsional multi-jari tangan, yang memiliki sensor taktil dan sensor kekuatan tertanam di telapak tangan dan di setiap jari, masing-masing, dan yang bertindak untuk mengontrol masing-masing jari secara independen. Dikombinasikan dengan teknologi pengenalan obyek berdasarkan indera visual dan taktil, ini tangan multi-jari memungkinkan Asimo baru semua untuk melakukan tugas dengan ketangkasan, seperti mengambil botol kaca dan memutar tutupnya, atau memegang gelas kertas lunak untuk menuangkan cairan tanpa pemampatan itu. Selain itu, Asimo kini mampu membuat ekspresi bahasa isyarat yang memerlukan gerakan kompleks jari.

Meraih sebotol air, membuka bagian atas dan menuangkan minuman ke dalam cangkir 
Membuat bahasa ekspresi tanda Jepang "keluarga" 

Kunci spesifikasi dari  all-new Asimo

1. Tinggi         130cm
2. Berat        48kg (6kg menurun dari model sebelumnya)
3. Operasi derajat kebebasan Total: 57 derajat kebebasan (peningkatan dari 23 derajat kebebasan dari model sebelumnya)
4. Menjalankan kecepatan 9km/hour (model sebelumnya: 6km/hour)

Tugas Lengan Robot

Teknologi yang dikembangkan untuk ASIMO diterapkan pada model eksperimental lengan robot tugas-melakukan, yang bergerak di atas dasar self-propelled dan dirancang berdasarkan asumsi yang digunakan di lokasi bencana atau tempat lain terlalu berbahaya bagi orang untuk bekerja. Untuk itu, lengan robot ini dimungkinkan untuk dikendalikan dari jauh untuk mendekati objek dan secara stabil melakukan tugas-tugas yang diperlukan bahkan di ruang sempit dengan pijakan yang tidak stabil dan banyak hambatan.

Kontrol stabilitas teknologi yang digunakan untuk berjalan Asimo dan berjalan diaplikasikan untuk menstabilkan postur dari ujung lengan bahkan pada permukaan yang tidak stabil sehingga lengan robot dapat memberikan output daya yang diperlukan untuk melakukan tugas. Selain itu, penerapan teknologi Asimo lainnya seperti teknik tata letak kompak struktural merancang dan multi-teknologi bersama orbit kontrol simultan yang secara bersamaan mengontrol sebanyak 57 motor tertanam pada sendi pada lengan dan kaki telah memungkinkan lengan robot untuk menghindari rintangan dan mendekati obyek bahkan di ruang sempit dengan kendala seperti tata letak pipa yang rumit.

Dalam proses pembangunan, lengan robot ini dirancang untuk melakukan tugas membuka dan menutup katup pada jaringan pipa, namun akan menjadi mampu melakukan berbagai tugas dengan mengubah bagian ujung lengan.

Kunci spesifikasi dari lengan robot melakukan tugas-

1. Panjangnya 1583mm (panjang lengan)
2. Lebar 338mm (dasar)
3. Kedalaman 391mm (dasar)
4. Berat 29.5kg
5. Operasi derajat kebebasan 10 derajat kebebasan (termasuk bagian ujung lengan)

Tugas-melakukan lengan robot

Kapan anak negeri bisa membuat robot secanggih ini... kita tunggu...

0 comments:

Post a Comment