Monday, April 23, 2012

Gideon Sundback Profile Singkat

Gideon Sundback
Gideon Sundback (24 April 1880 - 21 Juni 1954) seorang dan insinyur listrik Swedia-Amerika. Gideon Sundback membuat kemajuan ritsleting tahun 1906-1914, pada Talon, Inc. Gideon Sundback mengandalkan karya insinyur sebelumnya seperti Elias Howe, Max Wolff, dan Whitcomb Judson (ayah mertua Gideon Sundback). Gideon Sundback juga menemukan mesin produksi untuk ritsleting. Karya Gideon Sundback ini menggantikan tombol tahun 1937 untuk penggunaan "fly" di celana panjang. Otto Fredrik Gideon Sundback lahir di peternakan Sonarp di Ödestugu Parish, di Jönköping County, Småland, Swedia. Ayah Gideon Sundback, Jonas Otto Magnusson Sundback, seorang petani makmur, dan ibu Gideon Sundback, Kristina Karolina Klasdotter. Setelah studi di Swedia, Sundback pindah ke Jerman, dimana ia belajar di sekolah politeknik di Bingen am Rhein. Pada tahun 1903, Sundback mengambil ujian insinyurnya. Pada tahun 1905, Gideon Sundback beremigrasi ke Amerika Serikat

Gideon Sundback

Ritsleting raksasa berjalan di tengah-tengah halaman mesin pencari, menandai ulang tahun Gideon Sundback hari ini, insinyur Swedia-Amerika listrik paling sering dikaitkan dengan pengembangan perangkat penambat yang merevolusi industri pakaian.

Sebelum intervensi Sundback, ide Gideon Sundback untuk pengikat berdasarkan gigi saling sempat beredar di kalangan insinyur selama lebih dari 20 tahun tetapi tidak ada yang menyempurnakannya. Gideon Sundback awalnya mengusulkan ritsleting baru sebagai pengganti kait-dan-mata pengencang sepatu bot perempuan tetapi telah menjadi fitur biasa untuk lalat celana panjang dan gaun oleh 1930-an.

Gideon Sundback meninggal karena kondisi jantung pada tahun 1954. Gideon Sundback dikebumikan di pemakaman Greendale di Meadville, Pennsylvania.

0 comments:

Post a Comment