Sunday, April 15, 2012

Yacht Adastra, Kapal Pesiar Mewah dan Canggih, Bisa dioperasikan dengan Apple Ipad


Didesain oleh desainer yacht asal Inggris, John Shuttleworth, yacht bernama Adastra itu dari luar saja sudah terlihat mewah dan berteknologi tinggi. Dikabarkan dari Daily Mail, yacht itu dipesan oleh seorang pengusaha pengiriman barang dari Hong Kong, Anto Marden, yang akan menggunakannya untuk berjalan-jalan di antara beberapa pulau yang ia miliki di Indonesia.

Adastra dipamerkan di China. Konsep yacht itu, futuristik, dan desainnya diupayakan untuk mengarungi lautan dengan nyaman dan jauh dari guncangan. Membutuhkan waktu 5 tahun untuk membangun kapal dengan ukuran panjang 42.5 meter, lebar 16 meter, serta berat 52 ton ini. Untuk perjalanan jauh tanki bahan bakar berukuran cukup besar yaitu 320.000 liter bahan bakar. Adastra diperkirakan mampu mengarungi lautan dengan jarak tempuh 4 ribu mil (sekitar 6.500 km, kira-kira jarak dari London ke New York) tanpa perlu isi ulang. Sedangkan untuk perjalanan normal,kapal itu membawa 15.000 liter bahan bakar.Tingkat konsumsi bahan bakar saat kapal melaju dengan kecepatan 13 knot sebesar 90 liter per jam.Adapun,konsumsi bahan bakar saat kapal digeber dengan kecepatan 17 knot sebesar 120 liter per jam. Dengan efisiensi bahan bakar dan daya jelajah yang menakjubkan seperti itu,majalah Boat Internasional menganggap Adastra dapat mengawali tren perjalanan jarak jauh yang efisien dengan kapal pesiar.

Menurut majalah Boat International, Adastra bisa dimasukkan dalam yacht yang memiliki keefisienan kapal dengan jarak tempuh jauh yang patut dipuji dan mungkin akan dijadikan tolak ukur. Adastra juga diakui sebagai salah satu yacht yang memiliki perlengkapan teknologi kelas tinggi.

Kapal pesiar yang menghabiskan biaya sekitar $15 juta dan dengan panjang 42 meter ini disebut-sebut merupakan salah satu kapal pesiar paling menakjubkan di dunia.

Adastra memang didukung oleh mesin yang mumpuni a.l. satu mesin Caterpillar C18 berkekuatan 1150hp dengan kecepatan 2300 rpm, selain itu juga memiliki 2 mesin cadik Yanmar yang berkekuatan 110hp dengan kecepatan 3200 rpm pada masing-masing mesin. Bagian atas geladak kapal terbuat dari serat karbon dengan inti sarang lebah Nomex. Lalu,lambung kapal terbuat dari lapisan busa Glass/Kevlar dan interior lemari menggunakan panel sarang lebah. Lambung kapal ini terbuat dari kaca dan Kevlar, serta bisa menampung sekitar 9 tamu dan 6 kru. Bagian dek kapal menawarkan kemudahan bagi penumpangnya untuk menikmati pemandangan di sekeliling kapal dengan nyaman. Begitu pun dengan wilayah kokpit yang berisi dua buah sofa nyaman. Dek yacht berkekuatan mesin 1150 kekuatan kuda.

Fasilitas kapal pesiar ini pun juga memiliki ruang salon di dek utama, ruang tunggu, meja makan dan stasiun navigasi. Dek di bagian belakang kapal pesiar juga difasilitasi dengan sofa, bar dan ruang makan. Jika penumpang ingin sekadar kongkow,bisa bergeser ke bar di bagian kiri kapal.Atau jika penumpang hendak menikmati makanan lezat,tinggal menuju ke sisi kanan kapal. Adapun bagian kemudi utama kapal,terdapat tempat duduk untuk dua orang,yang terletak di tempat nakhoda, antara dek belakang dan area salon,yang merupakan bagian dari struktur balok silang.


Untuk keamanan dan keselamatan. Kapal ini memiliki sistem pengamanan terpadu. Kapal ini juga memiliki sistem yang dapat dikendalikan dengan Apple iPad dalam jarak 50 meter. Menakjubkan bukan???




Dirangkum dari berbagai sumber.

1 comment: