Monday, July 9, 2012

Berita Kiamat Internet atau Internet Doomsday 9 Juli 2012


Internet Doomsday atau kiamat internet diramalkan akan segera terjadi dalam hitungan jam lagi. Beberapa waktu lalu, FBI juga mengatakan akan menghentikan lalu lintas internet untuk beberapa saat dikarenakan serangan DNS Changer Trojan yang akan dimulai pada tanggal 9 Juli waktu Amerika Serikat. Setelah lama menunggu, akhirnya beberapa jam sebelum pemutusan jaringan internet dunia tersebut, FBI memberikan press release seputar kiamat internet ini.

Dalam press releasenya, FBI mengatakan bahwa semua perangkat yang telah terjangkiti DNS Changer Trojan akan kehilangan kemampuan untuk mengakses internet. Menurut Thomas Grasso seorang yang bekerja di divisi cyber FBI mengatakan, "Kita mengestimasi sekitar 64 ribu komputer di Amerika Serikat yang masih terinfeksi oleh trojan ini."

Pernyataan Grasso juga dibenarkan oleh anggota FBI lainnya yaitu Mollie Halpern. Selain membenarkan pernyataan Grasso, Halpern juga mengatakan bahwa serangan DNS Changer Trojan tersebut dilakukan oleh cybercriminal yang bernama Rove Digital. Tahun lalu, FBI telah menangkap 6 anggota kelompok ini.

Sebelum mematikan akses internet, FBI bekerja sama dengan organisasi non-profit bernama DCGW. Untuk mendeteksi apakah perangkat yang terhubung dengan internet telah terinfeksi dengan DNS Changer atau bersih, Halpern menyarankan agar pengguna PC dapat mengunjungi situs resmi FBI atau DCWG atau juga dapat mengakses DNS Changer Check-Up.

sumber : http://www.merdeka.com/teknologi/press-release-fbi-seputar-kiamat-internet.html

Menurut Msn.com, FBI menyatakan bahwa mereka bertanggung jawab atas penonaktifan internet pada tanggal 9 Juli mendatang. FBI menyebut hari tersebut dengan sebutan Internet Doomsday atau hari kiamat internet. Mengapa FBI ingin mematikan internet pada tanggal 9 Juli? Hal tersebut dikarenakan laporan sebuah serangan trojan yang akan menyapu bersih semua jaringan internet dunia seperti tsunami.

Trojan yang bernama DNSChanger Trojan tersebut merupakan ciptaan dari cybercriminal dari Estonia. Trojan ini akan menginfeksi semua PC berbasis Windows dan Mac serta merusak router yang terhubung dengan internet. Sekarang ini menurut catatan Internetidentity.com, terdapat 4 juta komputer dan router yang terhubung dengan internet.

DNSChanger Trojan juga pernah melumpuhkan kurang lebih 500 ribu PC dan Mac di tahun 2007 silam. Oleh karenanya, FBI menyarankan agar pengguna internet untuk melakukan tiga langkah antisipasi sebelum tanggal 9 Juli mendatang.

Memeriksa semua pengaturan di dalam komputer
Menggunakan atau mengaktifkan antivirus terbaik di dalam perangkat komputer
Memeriksa sistem dalam komputer yang terhubung dengan internet
Tiga langkah di atas memang bukan satu-satunya cara untuk menyelamatkan perangkat komputer kita dari serangan DNSChanger Trojan, namun apa salahnya apabila mencoba langkah-langkah tersebut. Lebih baik menjaga daripada mengobati, bukan?

sedangakn berita yang saya baca dari blog sebelah http://www.akhnurhadi.com/2012/07/kiamat-internet-internet-doomsday-apa.html.
istilah kiamat Internet ini adalah untuk menggambarkan suatu suasana dimana kita tidak bisa mengakses internet lagi. Apapun yang kita ketik di browser tidak jalan dan browser tidak bisa membaca apa yang kita tulis. Jika sudah begini, maka wajar jika disebut sebagai kiamat internet. Karena internet seperti sudah musnah dan kita tidak bisa mengakses apa-apa di dunia maya.

Penggunaan istilah kiamat, menurut saya terlalu berlebihan. Karena apa yang ada di benak kita jika mendenngan kata kiamat, maka yang akan terbayang adalah suasana dunia yang hancur lebur tidak ada kehidupan lagi. Jadi apa yang sebaiknya kita lakukan? Karena berita itu masih menjadi perdebatan maka manurut saya, apa yang kita harus kita lakukan saat ini adalah kita tunggu saja apakah nanti akan benar-benar terjadi kiamat internet pada tanggal 9 Juli 2012?

kiamat internet atau internet doomsday diperkirakan 9 juli 2012 waktu amerika.
Hari ini tanggal 9 juli 2012 waktu indonesia. Jadi 9 juli 2012 waktu amerika = 10 Juli waktu indonesia. Kita tunggu, apakah benar internet doomsday atau kiamat internet tersebut akan benar-benar terjadi atau hanya rumor blow up media semata. mengingat Millenium Bug atau Y2K (Year 2 Kilo) Pada beberapa tahun yang lalu, kita juga di suguhi pemberitaan yang sangat menghebohkan dunia komputer. Dimana dikabarkan, pada pergantian tahun 1999 menjadi tahun 2000 semua data dalam komputer akan hilang karena perhitungan tahun dari 99 menjadi 00. Membuat kepanikan. Namun ternyata tidak terjadi apa-apa.
salam.....

1 comment: